Uncategorized

Marubeni rampungkan akuisisi YTL Jawa Power

Marubeni Corporation (Jepang) merampungkan akusisi 42,86% saham YTL Jawa Power Holdings BV (Belanda) dari YTL Power International (Malaysia) senilai sekitar US$224 juta. YTL Jawa Power mengendalikan 35% saham PT Jawa Power.

Dengan rampungnya akuisisi itu, Marubeni kini secara tidak langsung mengendalikan 15% saham Jawa Power-pemilik pembangkit listrik Paiton 2 di Probolinggo, Jawa Timur yang juga salah satu pemasok listrik terbesar untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

“Dengan potensi laju pertumbuhan ekonomi yang kuat, Indonesia adalah pasar yang atraktif dan menjanjikan. Indonesia adalah negara strategis bagi investasi kami di Asia Tenggara,” kata manajemen Marubeni dalam keterangan resmi, hari ini.

Sebanyak 50% saham Jawa Power dikuasai Siemen AG (Jerman), lalu 35% dikendalikan YTL Power, sisanya sejumlah 15% dimiliki PT Bumi Pertiwi. Paiton 2 adalah pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara dengan kapasitas 1.220 megawatt.

“Dengan pengetahuan dan pengalaman mendalam kami soal industri pembangkit, kami akan melanjutkan kontribusi kami terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penyediaan energi yang stabil dan efisien,” tandas manajemen Marubeni.

Marubeni adalah perusahaan asal Jepang pertama yang memasuki bisnis penjualan tenaga (independen power plant/ IPP) pada era 1980-an. Raksasa korporasi itu juga menjadikan bisnis proyek IPP di luar negeri guna mengembangkan sektor pembangkit listrik.

Menurut rencana, hingga tahun fiskal 2012 proyek IPP tersebut akan menambah jumlah kapasitas daya listrik di Indonesia hingga 10 juta kilowatt. Marubeni kini juga mengembangkan proyek PLTU di Cirebon, yang masih dalam tahap pembangunan.

oleh : Bastanul Siregar (Bisnis.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s