News / Pembangkitan

PLN akan bangun PLTU Cirebon Ekspansi Unit II

PT PLN berencana melakukan ekspansi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon untuk keandalan kelistrikan sistem jaringan Jawa-Bali. PLTU Cirebon II berkapasitas 1.000 megawatt (mw) ini ditargetkan mulai beroperasi pada 2017.

Itu diungkapkan Direktur Konstruksi dan Energi Baru Terbarukan PLN Nasri Sebayang di Jakarta, Senin (23/9). Ia mengatakan saat ini proyek ekspansi sedang memasuki masa negosiasi harga listrik dan diharapkan selesai pada akhir tahun. “Tahun depan financial close (kepastian pendanaaan). 2017 lah (mulai beroperasi),” jelas Nasri.

Ia mengatakan ekspansi PLTU Cirebon dibangun dengan skema listrik swasta oleh konsorsium perusahaan asal Indonesia, Jepang, dan Korea, yakni Indika Energy Tbk, Marubeni Corporation, Korea Midland Power Company, dan Samtan Co Ltd. “Kemarin sudah dapat persetujuan dari pemerintah,” kata dia.

Setelah negosiasi, diharapkan power purchase agreement (PPA) bisa ditandatangani tahun ini atau paling lambat semester I tahun depan. Bila sudah, kontruksi bisa segera dimulai. “Diperlukan waktu 46 bulan untuk konstruksi tambah 6 bulan untuk financial close,” kata dia.

Seperti diberitakan, PLTU Cirebon Unit I baru diresmikan pada akhir 2012. Dana investasi yang dikeluarkan untuk pembangkit berkapasitas 660 mw ini sebanyak 850 juta dolar AS. PLTU Cirebon menambah pasokan listrik sampai sebesar 5.500 GWh per tahun. (sumber : http://www.metrotvnews.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s